BerAKHLAK: Membangun Budaya Kerja ASN yang Berintegritas dan Melayani


Jakarta, 31 Mei 2024
- Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK menjadi acuan penting dalam membangun budaya kerja yang berintegritas dan melayani. Ditetapkan pada tahun 2021 oleh Presiden Joko Widodo, BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Nilai-nilai ini menjadi pedoman bagi seluruh ASN dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Implementasi BerAKHLAK diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, memperkuat akuntabilitas dan transparansi, serta mendorong inovasi dan kolaborasi dalam birokrasi.

Berorientasi Pelayanan

Menekankan pada fokus ASN untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan penuh empati dan semangat membantu. ASN harus selalu mengedepankan kebutuhan masyarakat dan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan dengan cepat, tepat, dan efisien.

Akuntabel

Mewajibkan ASN untuk bertanggung jawab atas setiap tindakan dan kinerjanya. ASN harus transparan dalam menjalankan tugas dan selalu siap untuk diaudit. Integritas dan kejujuran menjadi landasan utama dalam menjalankan nilai akuntabilitas.

Kompeten

Memperkuat pentingnya pengembangan kompetensi dan profesionalisme ASN. ASN harus terus belajar dan meningkatkan pengetahuannya agar mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan menyelesaikan tugas dengan optimal.

Harmonis

Mendorong terciptanya lingkungan kerja yang harmonis dan saling menghargai antar ASN. ASN harus mampu bekerja sama dengan baik dan menghindari konflik yang dapat mengganggu kinerja organisasi.

Loyal

Menanamkan rasa kesetiaan ASN terhadap bangsa dan negara. ASN harus selalu mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat dalam menjalankan tugasnya.

Adaptif

Mempersiapkan ASN untuk menghadapi perubahan dan tantangan yang semakin kompleks. ASN harus fleksibel dan mampu beradaptasi dengan situasi yang baru.

Kolaboratif

Mendorong kerjasama antar ASN dan dengan pihak lain untuk mencapai tujuan bersama. Kolaborasi menjadi kunci untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan tugas.

Implementasi BerAKHLAK bukan hanya tugas para pemimpin, tetapi juga tanggung jawab seluruh ASN. Setiap ASN harus memahami dan mengamalkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari. Dengan komitmen dan kerja sama yang kuat, BerAKHLAK dapat menjadi landasan transformasi birokrasi Indonesia menjadi birokrasi yang berintegritas, melayani, dan profesional.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendorong implementasi BerAKHLAK, antara lain:

  • Pelatihan dan sosialisasi kepada seluruh ASN
  • Pengembangan sistem penilaian kinerja yang berbasis BerAKHLAK
  • Pemberian penghargaan bagi ASN yang berprestasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai BerAKHLAK
  • Penciptaan budaya kerja yang kondusif dan mendukung implementasi BerAKHLAK

Dengan implementasi yang konsisten dan berkelanjutan, BerAKHLAK diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi birokrasi Indonesia dan mewujudkan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat.


Download E-Book Soal Seleksi CASN
Lebih baru Lebih lama