Gaji Ke-13 Cair Mulai Juni 2024, Ini yang Perlu Anda Ketahui

PNS Pemerintah Kota Tegal Apel Setiap Senin Pagi


Kabar baik bagi PNS, pensiunan, dan penerima tunjangan lainnya! Gaji ke-13 tahun 2024 dipastikan akan mulai dicairkan pada bulan Juni mendatang.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024 yang mengatur tentang pemberian Gaji Ketiga Belas [Siaran Pers Pemerintah Terbitkan PP THR dan Gaji ke-13 Tahun 2024 - DJPb - Kementerian Keuangan].

Gaji ke-13 diberikan sebagai penghargaan atas pengabdian kepada negara. Selain PNS, berikut ini adalah pihak-pihak yang akan menerima gaji ke-13:

  • Pensiunan PNS, TNI, dan Polri
  • Pejabat negara
  • Penerima tunjangan seperti veteran dan lainnya (sesuai ketentuan)

Tanggal Pencairan Gaji Ke-13

Peraturan Pemerintah tersebut menyebutkan bahwa pencairan gaji ke-13 paling cepat akan dilakukan pada bulan Juni 2024 [Kapan Gaji ke-13 Tahun 2024 Cair? Ini Jadwal dan Ketentuannya - Detikcom]. Jika pada bulan Juni belum diterima, pencairan dapat dilakukan setelahnya.

PT Taspen selaku lembaga yang menyalurkan gaji ke-13 untuk para pensiunan, telah mengumumkan bahwa pencairan untuk para pensiunan rencananya akan mulai dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2024 [Gaji Ke-13 Pensiunan Cair Mulai 3 Juni 2024 - RRI].

Besaran Gaji Ke-13

Besaran gaji ke-13 yang diterima didasarkan pada penghasilan yang diterima pada bulan sebelumnya [Terbitkan PP No. 14/2024, Pemerintah Berikan THR dan Gaji 13 Bagi ASN - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi]. Untuk gaji ke-13 tahun ini, komponen penghasilan yang digunakan adalah penghasilan bulan Mei 2024.

Pajak Gaji Ke-13

Penerima gaji ke-13 tidak perlu khawatir dengan potongan iuran dan potongan lainnya. Namun perlu dicatat bahwa untuk Pajak Penghasilan (PPh) akan ditanggung oleh pemerintah [Jadwal Pencairan Gaji Ke-13 PNS 2024 – Berita dan Informasi - UMSU].

Dengan adanya pencairan gaji ke-13 ini, diharapkan dapat membantu PNS, pensiunan, dan penerima tunjangan lainnya dalam memenuhi kebutuhan terutama menjelang tahun ajaran baru.


Download E-Book Soal Seleksi CASN
Lebih baru Lebih lama