Rapat Koordinasi Tim Pelaksana Smartcity Kota Tegal Matangkan Roadmap Menuju Kota Cerdas


Tegal, 27 Mei 2024
– Dalam rangka mewujudkan visi misi Kota Tegal sebagai kota cerdas dan berkelanjutan, Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Rapat Koordinasi Tim Pelaksana Smartcity Kota Tegal. Rapat yang dilaksanakan pada hari Senin, 27 Mei 2024, bertempat di Ruang Rapat Diskominfo Kota Tegal, dihadiri oleh seluruh anggota Tim Pelaksana Smartcity Kota Tegal.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Diskominfo Kota Tegal, yang menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar OPD dalam mewujudkan Kota Tegal sebagai kota cerdas. Beliau juga menekankan perlunya roadmap yang jelas dan terukur untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Roadmap Smartcity Kota Tegal 2022-2026. Roadmap ini memuat berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Kota Tegal sebagai kota cerdas dalam enam dimensi, yaitu:

  • Smart Governance: Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel.
  • Smart Economy: Meningkatkan daya saing ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.
  • Smart Environment: Menjaga kelestarian lingkungan dan menanggulangi perubahan iklim.
  • Smart Living: Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan layanan publik yang prima.
  • Smart Infrastructure: Membangun infrastruktur yang cerdas dan berkelanjutan.
  • Smart Society: Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota.

Selanjutnya, Tim Pelaksana Smartcity Kota Tegal juga melakukan pengisian Quesioner Evaluasi Smartcity Tahap I Tahun 2024. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana progres yang telah dicapai dalam implementasi Smartcity di Kota Tegal. Hasil evaluasi ini akan menjadi bahan masukan untuk menyempurnakan roadmap dan program Smartcity Kota Tegal ke depannya.

Rapat Koordinasi Tim Pelaksana Smartcity Kota Tegal ini diharapkan dapat menghasilkan roadmap yang matang dan terukur untuk mewujudkan Kota Tegal sebagai kota cerdas dan berkelanjutan. Dengan komitmen dan kerjasama dari semua pihak, diharapkan Kota Tegal dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam implementasi Smartcity.

Tentang Smartcity Kota Tegal

Smartcity Kota Tegal merupakan sebuah program pemerintah daerah yang bertujuan untuk mewujudkan Kota Tegal sebagai kota yang cerdas, berkelanjutan, dan berdaya saing. Program ini dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas layanan publik, efisiensi pemerintahan, dan daya saing ekonomi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Smartcity Kota Tegal, dapat menghubungi:

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Kota Tegal
Telepon: (0283) 353111
Website: https://diskominfo.tegalkota.go.id/

Keyword: Smartcity, Kota Tegal, Roadmap, Evaluasi, Diskominfo, Pemerintah Daerah, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Layanan Publik, Efisiensi Pemerintahan, Daya Saing Ekonomi.


Download E-Book Soal Seleksi CASN
Lebih baru Lebih lama