Lulusan IPDN Langsung jadi PNS, Gimana sih Daftarnya dan Proses Karir Seorang Praja dari Taruna menjadi seorang Pegawai Aparatur Sipil Negara


InfoASN - Menjadi seorang abdi negara merupakan impian bagi setiap anak bangsa di negeri ini, tak terkecuali mungkin kalian yang sedang membaca artikel ini. Untuk menjadi seorang abdi negara bisa menjadi ASN, TNI maupun anggota POLRI.

Untuk menjadi seorang ASN, kita bisa mengikuti seleksi nasional dalam perekrutan calon aparatur sipil negara. Baik menjadi PNS maupun PPPK, seleksinya sama-sama menggunakan sistem SSCASN, hanya saja soal yang diujikan berbeda.

Sedangkan jalur untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil ada dua, yaitu melalui jalur umum dan jalur sekolah kedinasan. Untuk menjadi taruna di perguruan tinggi kedinasan, kalian harus mengikuti seleksi dari lulusan SMA, salah satu perguruan tinggi kedinasan yang menawarkan lulusanya langsung menjadi PNS adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Proses pemetaan formasi jabatan yang dibuka di IPDN menggunakan pemetaan berdasarkan Provinsi, jadi jika disebuah provinsi misal jawa tengah membuka lowongan formasi, maka akan ditampung ke dalam daya tampung taruna yang bisa di terima dalam sebuah provinsi yang dituju.

Nantinya jika kamu mendaftar formasi IPDN di jawa tengah, ketika sudah lulus kamu akan menjadi Pegawai Negeri Sipil di Provinsi Jawa Tengah atau PNS di Pemerintah Daerah Kab/Kota di area Provinsi Jawa Tengah.

Karir seorang lulusan IPDN di Pemerintahan Daerah tergolong sangat moncer, biasanya lulusan baru dari IPDN ketika menjadi CPNS akan ditempatkan di instansi strategis, seperti Badan Kepegawaian, Badan Keuangan, Bagian Umum Setda, dan Prokompim.

Bagi yang lebih beruntung, biasanya akan ditugaskan sebagai ajudan dari pejabat, kesempatan ini bisa menjadi sebuah keuntungan karena bisa lebih dekat dengan para pejabat tinggi. Jika hal ini bisa kamu dapatkan, maka dalam hitungan beberapa tahun, lulusan IPDN akan menempati posisi jabatan struktural yang strategis sesuai latar belakang pendidikanya.

Bagi kalian yang akan mendaftar sekolah kedinasan baik IPDN maupun yang lainya, bisa mendaftarkan diri melalui SSCASN BKN versi sekolah kedinasan yang akan dibukan setiap tahun.

Download E-Book Soal Seleksi CASN
Lebih baru Lebih lama