Peserta Pendidikan dan Pelatihan Teknik Keamanan Siber dari Pusbang Badan Siber dan Sandi Negara Mengunjungi PT. Pindad di Bandung


InfoASN - Badan Siber dan Sandi Negara melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia menyelenggarakan kegiatan pelatihan teknis keamanan siber bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara yang bertugas di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan hardskill para pegawai ASN yang bekerja dalam bidang kemanan siber, khususnya para pemangku jabatan rumpun kekomputeran seperti, Sandiman, Pranata Komputer, Pengelola Website dan lain sebagainya.

Pelatihan teknis keamanan siber ini mempelajari berbagai macam jenis materi yang telah disusun oleh Pusbang SDM BSSN Republik Indonesia.



Beberapa materi yang diajarkan seperti tata cara meretas  ke dalam sebuah sistem yang di desain dengan sistem level dan berjangka. Hal ini untuk mengukur kemampuan para peserta dalam mengikuti pelatihan ini.

Selain itu peserta juga diajarkan cara menangani sistem yang diretas oleh hacker, prosedur apa yang pertama harus dilakukan oleh seorang ahli keamanan siber, serta tata cara menjalankan tim teknis CSIRT (Computer Security Incident Team) pada instansi masing-masing.

Pada sesi akhir kegiatan, para peserta diajak untuk mengunjungi sebuah perusahaan milik negara yang bergerak pada bidang pertahanan, yaitu PT. Pindad (Perusahaan Industri Angkatan Darat).

Mengapa kunjungi atau study banding dilakukan ke PT. Pindad, karena berdasarkan informasi bahwa PT. Pindad setiap harinya ribuan diserang oleh hacker dari negara lain, yang berusaha untuk mencuri data informasi dari setiap produk yang dikeluarkan oleh PT. Pindad seperti blueprint dan lain sebagainya.


Para peserta diajak untuk mengunjungi markas utama tim pelaksana yang bertanggung jawab atas pusat data yang dimiliki oleh PT. Pindad. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta menjadi lebih paham atas apa yang telah dipelajari di kelas dan bisa bermanfaat bagi instansinya ketika sudah kembali ke tempat kerja masing-masing.

Download E-Book Soal Seleksi CASN
Lebih baru Lebih lama