Diklatsar Prajabatan bagi CPNS/PPPK, Berikut hal yang perlu Dipersiapakan serta Apa saja sih kegiatanya ?


InfoASN - Pendidikan dan Pelatihan Dasar atau Diklatsar merupakan sebuah kegiatan wajib yang harus dilalui oleh calon aparatur sipil negara baik Pegawai Negeri Sipil maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Namun yang perlu diketahui adalah bahwa Latsar bagi CPNS dan PPPK berbeda. Biasanya Latsar CPNS akan dilakukan di tempat Diklat seperti Pusbang ataupun BPSDMD dan akan diasramakan selama 3 bulan dengan materi yang diberikan dari Lembaga Administrasi Negara dan tempat diklat itu sendiri.

Sedangkan Latsar untuk PPPK umumnya hanya akan mengikuti online learning dari rumah yang dilakukan pada portal milik Lembaga Administrasi Negara, tanpa ada pendidikan di asrama.

Materi yang diberikan pada pendidikan dasar calon aparatur sipil negara utamanya adalah materi tentang BerAKHLAK.

Berikut Penjelasan tentang core value ASN : 

  1. Berorientasi Pelayanan, adalah konsen nilai dasar seorang aparatur sipil negara yang bertujuan supaya setiap asn wajib untuk memilik sikap melayani terhadap masyarakat tanpa memandang apapun.
  2. Akuntabel, adalah sikap yang perlu dimiliki oleh seorang aparatur sipil negara untuk selalu teliti dalam bekerja dan tidak melakukan hal yang menyebabkan mal administrasi.
  3. Kompeten, adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu aparatur sipil negara, nilai ini mewajibkan seorang asn untuk memiliki keahlian tertentu sesuai dengan latar belakang pendidikan maupun jabatanya.
  4. Harmonis, adalah nilai yang membuat setiap asn dan secara keseluruhanya untuk selalu menjunjung nilai kerukunan dan menghargai sesama asn, sehingga tercipta lingkungan kerja yang harmonis.
  5. Kolaboratif, adalah nilai yang mewajibkan setiap aparatur sipil negara untuk saling bekerja sama antar asn dan meninggalkan sikap egois atau ego sektoral antar instansi atau perangkat pemerintahan.
  6. Adaptif, adalah sikap dan sifat yang bertujuan supaya seorang aparatur sipil negara menjadi seorang individu yang mudah untuk beradaptasi dengan kondisi dan perkembangan zaman, sehingga tidak ketinggalan dengan kondisi lingkungan atau masyarakat.
  7. Loyal, adalah sikap yang wajib dimiliki oleh seorang aparatur sipil negara untuk selalu setiap dengan negara kesatuan republik indonesia dan pemerintahan yang sah.

Tujuh nilai dasar aparatur sipil negara diatas, kita sebagai seorang asn wajib untuk berpedoman pada core value, itulah yang akan dipelajari pada pelatihan dasar seorang calon aparatur sipil negara dimana nantinya akan dilakukan implementasi di tempat kerja masing-masing dalam bentuk proyek perubahan.

Download E-Book Soal Seleksi CASN
Lebih baru Lebih lama